Main Counter Strike Tanpa Kabel dengan menggunakan Windows XP

Cara Setting Jaringan Wireless Ad Hoc di Windows XP untuk main Game Counter Strike all versions.

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari postingan awal yang menggunakan Windows 7, Main CS tanpa Kabel di Windows 7. Pada prinsipnya sama cuman berbeda tampilannya saja.

Salah satu kegunaan jaringan Wireless Adhoc adalah berbagi koneksi internet atau sharing files/data tanpa harus menggunakan router atau switch. Setelah terkoneksi dalam jaringan ini komputer bisa mengirimkaan data secara langsung satu sama lain. Kelemahan utama jaringan ini adalah terletak pada coverage area yang terbatas hanya dalam radius sekitar 25 meter. Jika anda menginginkan jangkauan yang lebih luas maka anda bisa menggunakan router wireless atau akses poin yang banyak dijual di toko2 komputer.

Setingannya tidaklah rumit, yang terpenting adalah memahami setting IP Address sedikit.
Langkah-langkah seting Jaringan Adhoc pada Windows XP adalah sebagai berikut :

Pada Computer Server (Computer Utama)

1. Klik Start> Control Panel> Network Connections > Klik kanan pada wireless network connection, lalu klik Properties

2. Pada bagian Wireless Network Connection Properties, klik tab Wireless Networks
3. Klik Add pada bagian Preferred networks.

 
4. Isilah Network Name (SSID) untuk jaringan anda, jangan lupa untuk mencentang check box : This is a computer-to-computer (ad hoc)network: wireless access point are not used. Anda juga dapat membubuhkan WEP Password agar koneksi anda aman.

5. Klik OK sampei selesai untuk menyimpan setingan anda.

Cara Stting laptop client (yang akan nyambung ke server)
Secara otomatis komputer lain akan mendeteksi jika ada Wireless Network yang aktif. Dalam hal misalnya koneksi yang telah anda buat tadi.


 1. Klik kanan pada icon Wireless Network yang berada pada taskbar di bagian kanan bawah, lalu klik View Available Wireless Networks. Selanjutnya akan muncul nama koneksi adhoc yang barusan anda buat.

2.Wireless Network Connection akan menampilkan list SSID wireless anda. Klik nama tersebut contoh csajicom lalu klik Connect.
3. Jika pada laptop server tadi ada anda bubuhkan WEP Password maka windows XP meminta anda untuk mengisi password sebelum anda terkoneksi ke jaringan ad hoc anda.Tentunya paswornya harus sama dengan server.

4. Kemudian seting IP Addres manual saja supaya lebih cepat dalam main game Counter Strike. Di komputer server seting IP address :192.168.0.1 dengan netmask 255.255.255.0.

5. Untuk computer client IP addressnya urutkan sesuai setingan server  misalnya 192.168.0.2,192.168.0.3 dst. dengan netmask 255.255.255.0.

6. Untuk selanjutnya cara bermain game counter strike lihat pada postingan sebelumnya : Cara main CS

2 comments:

  1. saya mau tanya nih bro, os saya windows xp home edition SP3. pas saya buat itu,, waktu masukin passwordnya malah error pas tekan "ok",g tau dibilang "the network password had to be 40bits or 104bits depending on your network configuration. This can be entered as 5 or 13 ascii characters or 10 or 26 hexadecimal characters." waktu g pake password, liat di available wireless networksnya malah ada passnya,, g ngerti saya bro.. tolong dong.. pls

  1. Unknown said...:

    gan, saya blum ada wirelessnya, gimana donk cara bikin wireless?

Post a Comment

 
Counter Strike Ajicom © 2011 | Designed by Chica Blogger, in collaboration with Uncharted 3, MW3 Forum and Angry Birds Online